Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi skema warna yang Anda pilih untuk website Anda adalah salah satu keputusan paling penting yang akan Anda harus membuat.
Warna penting karena efek tidak hanya pikiran, tetapi tubuh Anda juga. Penelitian telah menunjukkan bahwa warna merah dapat merangsang indera Anda, dan bahkan meningkatkan tekanan darah Anda. Kasino telah dikenal untuk menggunakan lampu neon merah karena sudah mengatakan bahwa orang berjudi lebih sementara di bawah cahaya lampu merah. Di sisi lain, biru cenderung memiliki efek sebaliknya; Ini telah ditunjukkan untuk menenangkan pikiran, dan bersantai tubuh.
Psikologi Warna
Selama ratusan tahun, para ilmuwan telah mempelajari teori warna, dan dampaknya pada pikiran dan tubuh manusia.
Seiring waktu, penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa ada "standar" emosi, perasaan, atau makna yang berhubungan dengan hampir setiap warna. Perlu diingat ini asosiasi ini tidak pasti. Pengalaman masa lalu, budaya, dan lebih dapat mengubah bagaimana seseorang bereaksi terhadap warna tertentu.
Warna Asosiasi / Merasa / Emosi / Arti
* Hitam intelijen, otoritas, kekuasaan, kekuatan, stabilitas, misteri, kerahasiaan, jahat, gelap, menyedihkan, berkabung, berduka
* Putih bersih, murni, polos, netral, simplicty, polos, membosankan
* Merah api, panas / panas, cinta, gairah, semangat, dorongan, petualangan, aksi, bahaya
* Biru air, dingin, kepercayaan, keseriusan, sukses, tenang, daya, profesionalisme
* Hijau bumi, rumput, alam, kehidupan, kesehatan, uang, perdamaian
* Oranye kreativitas, kenyamanan, menyenangkan, pemuda, terjangkau, peringatan / bahaya
* Royalti ungu, iman, keadilan, mewah, fantasi
* Kuning hiburan, rasa ingin tahu, kegembiraan, keriangan, hati-hati
* Kelembutan merah muda, manis, cinta, kepolosan, youthfullness, nyeri
Sangat penting untuk dicatat bagaimana warna dapat membangkitkan emosi dari kedua ujung spektrum, kadang-kadang benar-benar menentang diri mereka sendiri. Misalnya, warna hitam dapat membangkitkan emosi kekuasaan dan kekuatan, tetapi juga dapat mewakili kejahatan dan depresi. Warna oranye dapat sinyal nyaman dan menyenangkan, atau bahaya dan peringatan.Memilih Warna Yang Menggunakan
Ketika memilih warna untuk website Anda ada banyak hal untuk mempertimbangkan selain psikologi warna:
Warna yang ada: Jika perusahaan Anda sudah menggunakan warna-warna tertentu maka Anda harus memasukkan mereka ke situs web. Ini membantu dengan kesadaran merek Anda.
Tipe situs: Jenis situs yang Anda menciptakan akan sangat mempengaruhi warna. Jika Anda membuat sebuah situs untuk pasar lingkungan Anda petani maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan nada bumi yang menyampaikan pemikiran alam, dan menjadi alami. Hijau, biru, dan cokelat adalah pilihan yang sempurna. Bisnis - atau "perusahaan" - situs cenderung menggunakan warna biru, putih, dan hijau untuk sinyal kepercayaan, kekuasaan, atau uang.
Target Pemirsa: target pemirsa Anda juga harus memainkan peran penting dalam pemilihan warna. Orang muda cenderung seperti oranye, merah, dan warna-warna cerah lainnya, sementara warga senior, atau orang-orang dengan masalah penglihatan mungkin akan menghargai palet warna yang lebih netral putih, abu-abu, dan hitam.
Terkait dengan warna Belanja
Ilmuwan telah menemukan bahwa warna tertentu menyebabkan jenis orang tertentu bereaksi berbeda ketika berbelanja:
Pembeli Impulse cenderung menanggapi biru, hitam, dan merah-oranye.
Mereka yang membuat (dan menempel) anggaran merespon nyata, biru muda, biru, dan pink.
Masyarakat tradisional merespon lebih baik ke langit biru, mawar, atau pink.
Buat Kombinasi Warna Kustom
Sangat penting bahwa warna yang Anda pilih bekerja sama dengan baik. Menggunakan kombinasi warna yang salah dapat membuat situs Anda sulit untuk dibaca, atau lebih buruk, dapat menyebabkan pengguna menjadi tidak nyaman dan menutup halaman sama sekali.
Salah satu hal kunci untuk diperhatikan adalah warna teks. Anda ingin memastikan bahwa itu kontras (menonjol) dari warna latar belakang. Jika pengguna Anda tidak dapat melihat teks Anda, mereka tidak bisa membacanya!
Ketika datang dengan skema warna untuk situs klien, saya sering mulai dengan lima warna: tiga "dasar" warna yang terkait (warna yang serupa, atau yang tidak kontras banyak dengan satu sama lain), dan kemudian dua warna untuk digunakan sebagai "aksen" atau "menyoroti" yang kontras dengan warna dasar. Kelima warna titik awal. Anda dapat mengatur kecerahan, warna, atau saturasi warna (berpikir hutan hijau vs neon hijau) untuk menemukan kombinasi sempurna yang bekerja untuk situs Anda.Dimana Cari Inspirasi untuk Skema Warna
Ada banyak sumber inspirasi untuk membantu Anda memilih warna untuk website Anda. Anda dapat menemukan sumber-sumber di sekitar Anda - berjalan-jalan di luar untuk menemukan "alami" inspirasi atau jempol melalui majalah favorit Anda untuk mencari tren warna saat ini.
Berikut adalah beberapa tempat favorit saya untuk menemukan skema warna secara online:
Web desain galeri. Kami seperti: CSS Mania, Screenalicio.us, dan CSS Elite.
Warna situs skema: ColourLovers dan Kulr Adobe.
Skema warna generator: Warna Skema Designer dan siasat Warna.
Puting itu semua Bersama
Bagi kebanyakan dari kita, warna memainkan peran besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka mempengaruhi cara kita merasa dan cara kita bertindak. Memilih skema warna untuk website Anda yang salah dapat memiliki dampak buruk. Luangkan waktu untuk hati-hati memilih warna yang bekerja sama dengan baik dan yang menyampaikan tujuan perusahaan Anda, sikap, atau pesan.
Dan, yang paling penting, jangan takut untuk berpikir di luar kotak! Tidak ada aturan yang mengatakan website perusahaan Anda harus biru atau dingin putih, polos dan membosankan. Dengan pengalaman dan praktek, hampir semua kombinasi warna dapat digunakan bersama.
Bacaan lebih lanjut untuk Membuat Pilihan Warna
Teori Warna di Wikipedia
The Psychology of Color oleh Pantone.
0 komentar:
Posting Komentar